Image of Hadis Tarbawi : Pendidikan dalam Perspektif Hadis

Text

Hadis Tarbawi : Pendidikan dalam Perspektif Hadis



Hadis adalah sumber pendidikan Islam yang kedua sesudah Alquran. Di dalam kitab suci tersebut Allah telah memberikan petunjuk yang mencakup berbagai aspek (termasuk aspek pendidikan) dan dapat mengantarkan manusia menuju kebahagiaan (baik di dunia maupun di akhirat). Petunjuk di dalam Alquran masih bersifat kulli (global). Untuk memahaminya diperlukan hadis, baik yang berbentuk perkataan, perbuatan, maupun ketetapan Nabi. Dalam menyampaikan hadisnya, beliau memperkenalkan dirinya sebagai mu'allim (pengajar) dan muaddib (pendidik).

Di dalam buku ini diperlihatkan bahwa Nabi memang seorang guru yang banyak memberikan motivasi, arahan, dan materi pendidikan kepada para peserta didik (sahabat). Di dalam buku ini, pembaca dapat menemukan hadis-hadis tentang kewajiban belajar, tujuan pendidikan Islam, materi pendidikan Islam, pendidik, peserta didik, metode pendidikan Islam, media pendidikan Islam, lingkungan pendidikan Islam, pendekatan pendidikan Islam, dan evaluasi dalam pendidikan Islam.

Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan informasi para mahasiswa dalam mata kuliah Hadis Tarbawi. Dalam perkembangannya, mata kuliah ini dipelajari di berbagai program studi di fakultas/jurusan tarbiyah di lingkungan perguruan tinggrlslam, baik negeri maupun swasta. Selain itu, kajian dalam buku ini juga dapat dinikmati oleh para dosen/pengajar pengampu dalam bidang mata kuliah Hadis Tarbawi.


Ketersediaan

B030592X2,.2 Uma HMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2X2,.2 Uma H
Penerbit Amzah : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
9786028689700
Klasifikasi
2X2
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this